Opini : 5 Lagu Band Indie Paling Favorit


Sering di gadang-gadang kalo Indie adalah anak senja, sebenernya nggak juga. Beberapa orang kebetulan menikmatinya di waktu sore, dan kebetulan pas lagi senja, herannya selalu bareng sama kopi, padahal pake teh juga saik. Kata Danilla, diksi senja itu milik semua genre. Karena sudah terlalu banyak di mention, kata senja jadi annoying buat sebagian orang padahal kata dan bunyi pengucapannya Indonesia banget.

Terus terang aja gue jarang banget dengerin lagu luar, khususnya barat. Gue lebih seneng local pride entahlah, buat gue musik itu semuanya. Ga cuma nada enak tapi juga tau persis makna dari lagu itu.

Mungkin beberapa band/solois di bawah ini belum banyak orang tau, gue tau dari mana? Algoritma youtube ngebawa gue kemana-mana, kadang juga ada rekomendasi lagu dari band/solois itu sendiri, jadi ya gue pikir besar kemungkinan gue akan suka. Dan beberapa dibawah ini adalah 5 lagu dari band indie yang paling sering gue dengerin, by the way urutan nomor dibawah bukan berarti mutlak, sebab urusan seni apapun bentuknya punya value nya masing-masing.

  1. Ary Julyant – Furo
    Lagu yang menurut gue mengisahkan perjalanan panjang, padahal menurut kang Ary sendiri Furo adalah nama dari sebuah pedang di jepang yang tidak memiliki tuan. Lagu ini di tulis oleh Ajeng Kesumaningrum.
    “Aku menyebutmu Furo, pengembara yang meniti hidup di garis kematian. Jejakmu meninggalkan nyanyian jiwa.”

    AKU MENYEBUTMU FURO - Ary Juliyant & Ajeng Kesumaningrum - YouTube
  2. Ponco Bramantyo – Kelana Jiwa
    Lagu yang di tulis manis, di mainkan sederhana, bercerita tentang sebuah pelukan, kedekatan batin, seorang yang menemui kepulangan hati nya.
    “Saat di dekapmu, terpejam mataku, lepas jiwa berkelana terbuai nikmatnya”

    Kelana Jiwa [Official Lyric Video] - YouTube
  3. Coconightman – Canggu People
    Berkisah tentang daily life di Canggu, Bali. Lagunya sedikit nakal tapi seru untuk di dengarkan, rasa-rasanya hampir menggambarkan kehidupan disana.
    “Pacar aku asli dari England, delapan belas tahun sudah turun mesin, suka oli piston ganti-ganti awas berbahaya badan jadi dua.”

    Coconightman - Canggu People - YouTube
  4. Silampukau – Sang Juragan
    Bercerita tentang juragan miras dan lika-liku bisnis nya, lagu yang punya soul rock n roll country bikin manggut-manggut kalo kalian dengerin, Silampukau cukup terkenal di Surabaya, sebab mereka memang berasal dari sana.
    “Hidup ini memang keras, apa salahnya ku jual miras. Anggur vodka, arak beras, di jamin murni tanpa potas.”

    Silampukau - Sang Juragan | Sounds From The Corner Live #16 - YouTube
  5. Empat Detik Sebelum Tidur – Nona Manis
    Band ini bermarkas di Bali, dan di lagu Nona Manis vibes nya betul-betul serasa di pinggir pantai. Lirik nya menceritakan Nona Manis secara gamblang, lagunya juga sangat easy listening.
    “Sudut jantung kota, ambara di bali utara, nona manis melengkapi pesona.”

    Empat Detik Sebelum Tidur - Nona Manis (Official Music Video) - YouTube

Dari daftar band/solois diatas masih ada beberapa lagu yang tak kalah enak, silahkan di explor sendiri, perihal enak tidaknya itu subyektif. Tapi semoga kita sefrekuensi.

Komentar

Postingan Populer